Judul Blogger yang SEO Friendly I

Secara default (bawaan) sebuah struktur Title Bar (Baris Judul) Blog pada sebuah browser adalah Judul Blog - Judul Halaman (Misal : Blogger Tune-Up - Page Rank). Konon menurut pakar SEO dengan struktur seperti ini blog menjadi kurang disukai oleh Search Engine (Mesin Pencari). Sedangkan Struktur Title Bar yang disukai Mesin Pencari adalah dengan struktur Judul Halaman - Judul Blog (Misal : Page Rank - Blogger Tune-Up), hal ini membuat spiderbot dengan mudah untuk membaca dan meng-crawl (Crawl = Entah apa bahasa Indonesia-nya) judul halaman lebih dahulu dan kemudian judul blog. Jelas dengan struktur seperti ini membantu spesifikasi dan akurasi dari keyword blog kita, walaupun pada dasarnya tetap spiderbot akan lebih mengutamakan relefansi dari keyword dan keyphrase content (isi halaman). Untuk bisa menukar posisi Judul Blog dengan Judul Halaman agar blog kita menjadi SEO Friendly (mudah dikenali search engine) ikuti langkah berikut :

Langkah 1
Login ke blogger dengan account blogger anda

Langkah 2
Pada Panel Kontrol klik Tata Letak - Edit HTML - Expand Widget Template

Langkah 3
Carilah kode dibawah, biasanya terletak diatas kode <head>. Gunakan fasilitas pencarian pada browser, biasanya terletak pada Edit - Find.
<title><data:blog.pageTitle/></title>

Langkah 4
Setelah ketemu kode pada langkah 3, gantilah kode tersebut (replace) dengan kode dibawah ini.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Langkah 5
Klik Simpan Template

Setelah anda melakukan perubahan tersebut, maka Judul blogger anda akan tampil seperti gambar dibawah :
Sedangkan mesin pencari akan menampilkan hasil seperti gambar dibawah ini :
Tetapi jangan heran dan kuatir, pada hari-hari pertama kita melakukan perubahan ini justru blog kita seakan tidak lagi ter-index oleh Search Engine. Hal ini wajar karena kita melakukan perubahan sesuatu yang cukup dasar. Tetapi hal ini tidak akan lama sampai dengan Search Engine satu persatu meng-index kembali halaman demi halaman blog kita. Untuk mengecek hasil perubahannya pada search engine (Rekomendasi : Google) silahkan masukan kode :
site:http://namabloganda.blogspot.com

Mudah bukan? Mudah-mudahan bermanfaat dan salam hangat dari Banjarsari - Ciamis - Jawa Barat.