Fasilitas Pemenggalan Artikel (Baru) dari Blogger

Fasilitas yang ditunggu-tunggu oleh para Blogger akhirnya ditambahkan oleh Blog*Spot, yaitu fasilitas pemenggalan artikel atau disebut "After the jump". Berbagai teknik pemenggalan artikel untuk Blog*Spot telah hadir di antara para Blogger, mulai dengan kode JavaScript yang sederhana hingga kode-kode yang rumit, yang pada dasarnya untuk membuat pemenggalan artikel menjadi lebih mudah. Sekarang teknik-teknik yang rumit untuk membuat pemenggalan artikel (Readmore) sudah tidak diperlukan lagi, jelas ini menunjukan keseriusan para pengembang Blogger dalam mengelola fasilitas Blogger dan semua itu diberikan secara gratis. Kita sebagai pengguna Blog*Spot sangat dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tidak murah dan mudah. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim pengembang (developer) Blogger.
Untuk mengintegrasikan fasilitas ini sangatlah mudah, karena fasilitas "After the jump" sudah diintegrasikan pada post editor tanpa diperlukan penambahan atau modifikasi kode HTML. Pada saat menuliskan artikel kita hanya perlu menyisipkan pemenggalan artikel dengan meng-klik icon toolbar (khusus post editor jenis baru) "Insert Jump Break" seperti gambar dibawah ini.
Pemenggalan Artikel Blogger
Ketika kita meng-klik icon tersebut maka pada artikel akan muncul garis berwarna abu-abu, hal ini menunjukan posisi artikel yang terpenggal. Garis penggal ini dapat digeser-geser pada artikel, dan kita bisa menempatkannya dimana pun.
Jika kita tidak menggunakan post editor jenis baru, kita masih tetap dapat menggunakan fasilitas pemenggalan artikel (readmore) ini dengan menambahkan kode <!-- more --> pada artikel melalui mode Edit HTML diposisi mana kita akan memenggal artikel.
Pemenggalan Artikel Blogger
Setelah itu kita siap menerbitkan artikel kita dengan artikel yang sudah terpenggal, jika pembaca ingin membaca keseluruhan artikel maka pembaca cukup meng-klik link Readmore atau Selengkapnya.
Jika kita ingin mengubah kata "Readmore" pada link pemenggalan artikel maka kita cukup mengubahnya melalui tab Tata Letak|Elemen Halaman. Klik tombol "Edit" pada "Posting Blog Widget", dan ubahlah kata pada kotak "Teks tautan laman entri:" sesuai dengan keinginan kita.

Integrasi Kode Pemenggalan Artikel

Bagi kita yang sudah terlanjur menggunakan template kesayangan dari pihak-pihak ketiga tidak perlu bingung untuk menambahkan fasilitas pemenggalan artikel ini, kita hanya perlu menambahkan beberapa baris kode agar fasilitas ini dapat terintegrasi pada blog kita.
Langkah integrasi pada template:
Langkah 1
Login ke Blogger
Langkah 2
Masuk ke bagian "Tata Letak - Edit HTML"
Langkah 3
Checklist "Expand Template Widget"
Langkah 4
Cari kode dibawah ini:
<data:post.body/>
Langkah 5
Masukan (copy paste) kode dibawah ini tepat dibawah kode pada langkah 4:
<b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
<div class='jump-link'>
<a expr:href='data:post.url + "#more"'><data:post.jumpText/></a>
</div>
</b:if >
Langkah 6
Simpan template dan fasilitas pemenggalan artikel sudah terintegrasi pada blog kita.
Untuk menggunakan fasilitas pemenggalan artikel seperti telah dijelaskan diatas, lebih jelasnya silahkan baca disini.
Selamat mencoba dan mudah-mudahan berhasil. Happy blogging... :)