Integrasi Anchor Link Otomatis pada Artikel

Memasang anchor link pada kata kunci (keyword) tertentu merupakan salah satu teknik SEO, hal ini bertujuan untuk meningkatkan posisi blog pada mesin pencari (SERP). Mesin pencari akan dengan mudah menemukan kata kunci tertentu yang didalamnya mengandung anchor link dan meng-index-nya pada database mesin pencari mereka. Selain itu anchor link juga mempermudah pembaca setia blog kita untuk menemukan artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca, sehingga mereka tidak perlu repot untuk mencari-cari artikel yang mereka butuhkan.
Tetapi pekerjaan ini tidaklah mudah, kita harus mempersiapkan link-link yang akan kita letakan pada kata kunci tertentu dan memasukannya dengan cara manual. Pada tips trik blogger hack kali ini Blogger Tune-Up akan berbagi teknik pembuatan anchor link secara otomatis tanpa perlu memasukan satu persatu secara manual.

Integrasi Link Otomatis Pada Artikel

Langkah 1
Login ke Blogger
Langkah 2
Masuk ke "Tata Letak - Elemen Halaman"
Langkah 3
"Tambah Gadget" baru tanpa judul dengan tipe "HTML/JavaScript"
Langkah 4
Masukan (copy paste) kode dibawah ini pada isi/konten gadget yang baru saja kita buat:
<script src="http://URL/autolink.js">
</script>
<script type="text/javascript">
var f = new autoLink();
f.add("keyword 1", "http://URL.com");
f.add("keyword 2", "http://URL.com");
f.add("keyword 3", "http://URL.com");
f.add("keyword 4", "http://URL.com");
// dan seterusnya...
f.startScript();
</script>
Langkah 5
Simpan gadget tersebut dan preview blog...

Keterangan:
  • Ubahlah keyword 1, keyword 2, keyword 3, keyword 4 dengan kata kunci tertentu. Tetapi hati-hati antara kata kunci yang kita buat pada script auto link dengan kata kunci pada artikel harus sama persis (case sensitive). Misal; kita membuat kata kunci "Blogger Hack" pada script auto link tetapi kita menuliskannya pada artikel kata kunci tersebut adalah "blogger hack" maka auto link tidak akan mengenalinya dan kata kunci blogger hack tidak akan menjadi anchor link secara otomatis.
  • Ubahlah http://URL.com sesuai dengan link tujuan dari kata kunci yang dibuat. URL bisa berupa kategori dan artikel dari blog kita atau link situs/blogger lain.
  • Kata kunci ini tidak terbatas, tergantung keinginan kita. Untuk menambahkan kata kunci lain, ikuti script diatasnya atau script ini; f.add("keyword 5", "http://URL.com");
Selamat mencoba dan semoga berhasil. Tinggalkan jejak anda pada kotak komentar jika mengalami kegagalan atau sekedar ucapan terima kasih. Happy Blogging... :) Jika gagal baca Update! Integrasi Anchor Link Otomatis