Menambahkan Tombol Tweet

Salah satu cara untuk meningkatkan backlink (Link Balik) terhadap blog kita adalah dengan berkomentar pada blog lain, bertukar link dengan sesama blogger dan masih banyak cara yang telah dibahas oleh para master SEO (Search Engine Optimization). Kali ini kita akan mencoba bantuan salah satu situs social networking yang cukup terkenal yaitu Twitter dengan bantuan situs agregator TweetMeme.
Tekniknya sederhana, para pemilik blog cukup menambahkan tombol twitt pada blog agar para pembaca dengan mudah memilih artikel yang menarik pada blog kita yang kemudian akan di bookmark pada Twitter dengan bantuan situs agregator TweetMeme. Dengan teknik seperti ini, para pengunjung akan dengan mudah merekomendasikan suatu artikel yang menarik kepada temannya melalui Twitter dan mem-bookmark-nya pada TweetMeme miliknya sehingga jika suatu hari pembaca tersebut lupa maka dengan mudah akan ditemukan pada kumpulan bookmark-nya di TweetMeme. Prinsip kerjanya hampir mirip dengan RSS tetapi keuntungan dengan teknik ini artikel yang telah di Twit oleh pembaca akan secara otomatis tersebar melalui jaringan Twitter pembaca tersebut. Semakin banyak hits Twit maka semakin banyak pula backlink terhadap blog kita, hal ini secara otomatis akan menaikkan posisi blog kita pada mesin pencari. Begitulah kurang lebihnya...

Integrasi Tombol Tweet pada Artikel Blogger

Langkah 1
Login ke Blogger
Langkah 2
Masuk ke "Tata Letak - Edit HTML"
Langkah 3
Checklist "Expand Template Widget"
Langkah 4
Cari kode dibawah ini:
<data:post.body/>
Langkah 5
Masukan (copy paste) kode Tweet dibawah ini tepat diatas kode pada langkah 4:
<div style='float:right; padding:10px 0 0 5px'>
<script type='text/javascript'>
tweetmeme_url = '<data:post.url/>';
tweetmeme_service = 'bit.ly';
</script>
<script src='http://tweetmeme.com/i/scripts/button.js' type='text/javascript'/>
</div>
Langkah 6
Simpan template dan preview

Keterangan:
Dibawah ini penjelasan dari TweetMeme:
TweetMeme adalah layanan yang mengumpulkan semua link yang populer pada Twitter untuk menentukan link yang populer. TweetMeme mengumpulkan link tersebut ke dalam Kategori, Sub Kategori dan Saluran, sehingga mudah dalam menyaring kekeliruan untuk menemukan apa yang menarik menurut Anda.
Untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasan dari situs TweetMeme.